PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN PDF

Download Citation on ResearchGate | PERAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN SPIRITUAL ANAK | p> Family is the place in which the. Krisis dalam masa remaja cenderung menimbulkan masalah bagi pertumbuhan . sangat gaul dengan teman sebayanya terlebih dari keluarga yang . orangtua dan bukan produk langsung dari pendidikan atau sekolah ataupun gereja. This is a descriptive explorative research that studies the role of family education in developing the morality of youth in facing the global era. This study is.


PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN PDF

Author: Ms. Cristina Altenwerth
Country: Nigeria
Language: English
Genre: Education
Published: 5 March 2014
Pages: 543
PDF File Size: 44.14 Mb
ePub File Size: 1.7 Mb
ISBN: 730-7-44772-778-9
Downloads: 3013
Price: Free
Uploader: Ms. Cristina Altenwerth

PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN PDF


The qualitative approach was carried out in this research using case study method.

PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN PDF

Subjects in this study were parents, children, community leaders, and village apparatus of Mandiraja Wetan. Proses belajar tidak selalu berhasil, hasil yang dicapai antara siswa yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar banyak jenisnya tapi digolongkan menjadi dua peran keluarga dalam pendidikan yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Berikut saya akan membahas tentang peran keluarga dalam pendidikan.

Cambridge IGCSE® Bahasa Indonesia Coursebook - Sofia Sinaga, Basuki - Google Књиге

Selain perlindungan, kasih sayang, kecupan, pelukan, keluarga juga memiliki kewajiban dalam pendidikan. Keluarga inti terdiri dari seorang peran keluarga dalam pendidikan, ibu, kakak dan adik sedangkan keluarga luas sudah mencakup sepupu satu kali, sepupu dua kali, tante, paman, nenek, kakek dan sebagainya.

PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN PDF

Tiap keluarga memiliki tujuan hidup yang berbeda-beda, tergantung kesepakatan mereka. Tujuan ini dapat teraih jika seluruh anggota keluarganya mampu bekerjasama dengan baik.

Selain kewajiban seorang ayah dan ibu dalam sebuah keluarga peran keluarga dalam pendidikan pendidikan kepada anak-anak mereka.

Buku Dan Para Ahli Tentang Peranan Keluarga Dalam Motivasi Belajar

Hal ini dimungkinkan oleh kesibukan-kesibukan orang tua terutama yang berdiam di kota Kendari dan atau ketidaktahuan orang tua dalam mendidik anak. Sebaliknya orang peran keluarga dalam pendidikan yang bermukim di pedesaan mereka banyak yang berpendidikan rendah dengan bekerja sebagai buruh tani, buruh pabrik dan buruh bangunan.

Penghasilan mereka sangat minim sekali, sehingga untuk mencukupi kebutuhan keluarga sangat kurang. Hal seperti itu mengakibatkan keluarga mereka selalu ada pertengkaran kurang harmonis dan akhirnya anak-anak mereka kurang mendapat perhatian dan kasih sayang orang tua.

Arbi_towan: Karakter Pendidikan Anak Keluarga Broken Home

Dengan demikian menujukkan betapa pentingnya situasi dan kondisi kehidupan dalam keluarga. Anak yang berlatar belakang dari keluarga yang berhubungan akrab, penuh kasih sayang dan menerapkan disiplin berdasarkan kecintaan. Anak atau remaja yang berasal dari keluarga kacau gagal lebih banyak memiliki konsep diri negatif, lebih banyak mengalami kesulitan dalam hubungan sosial, lebih ekstrim mengekspresikan perasaan, lebih penakut dan lebih sulit mengontrol dari pada anak dari keluarga utuh.

Selain sekolah dan masyarakat, keluarga adalah lembaga pendidikan pertama yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan. Peran keluarga dalam pendidikan lembaga pendidikan keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama, tempat anak didik pertama-tama menerima pendidikan dan bimbingan dari orang tuanya atau anggota keluarga lainnya.

Untuk itu dalam Islam memberikan berbagai syarat dan ketentuan pembentukan keluarga sebagai wadah yang akan mendidik anak sampai umur terte ntu yang disebut baligh berakal. Sebenarnya yang banyak terjadi peran keluarga dalam pendidikan konflik keluarga adalah mereka yang mengalami kesulitan, ketidak harmonisan dalam keluarga atau kehilangan kebahagiaan.

Tentunya sebab ketidakbahagiaan itu bermacam-macam pula, ada yang disebabkan oleh karena kehilangan kesetiaan salah seorang suami atau istri.

Peranan Keluarga dalam Pemeliharaan Penduduk Lanjut Usia | Junaidi Junaidi -

Dalam hal ini istrilah yang banyak menderita, karena merasa suaminya tidak setia lagi kepadanya. Di sisi lain Cowgill peran keluarga dalam pendidikan menunjukkan perubahan nilai budaya menuju sistim nilai individualistik di negara-negara Barat cenderung mengurangi bantuan keluarga untuk lansia.

Kedua, peningkatan pendidikan akan meningkatkan nilai waktu di luar rumah. Terutama untuk wanita, peningkatan nilai waktu ini menurut Ehrenberg dan Smith menyebabkan berkurangnya alokasi waktu untuk pekerjaan-pekerjaan kerumahtanggaan, termasuk mengurus orang tua.

Selanjutnya, pembangunan juga ditandai oleh peningkatan pendapatan perkapita masyarakat suatu negara.

Peningkatan mobilitas vertikal ini telah menyebabkan perubahan sikap perilaku dan aspirasi mereka terhadap peran keluarga dalam pendidikan sosial budaya bahkan ekonomi. Hal ini diperkirakan akan menyebabkan berkurangnya rasa tanggung jawab untuk menyantuni keluarga pada usia lanjut.

Dilihat dari segi ekonomi, ada kecenderungan bahwa rumah tangga sebagai a unit production shared telah berubah. Terlihat adanya pemilahan produksi antar generasi, bahkan cenderung antar individu economic separation.

Hal ini jelas akan menyebabkan kesulitan penduduk lansia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian-penelitian tentang lansia di negara sedang berkembang memang belum menunjukkan keadaan yang terlalu riskan untuk kesejahteraan lansia.



Other interesting: